5 Cara Mencegah Gagal Jantung

6 Cara Mencegah Gagal Jantung

5 Cara Mencegah Gagal Jantung

6 Cara Mencegah Gagal Jantung – Kondisi dimana tubuh seseorang tidak lagi dapat memompa cukup oksigen dan darah ke dalam organ-oragan tubuh yang Anda miliki disebut dengan Gagal Jantung. Penyakit yang termasuk dalam kategori Kardiovaskuler ini memang penyakit mematikan dan jarang disadari oleh banyak orang, terutama kalangan anak muda. Gagal jantung ini dalam beberapa kasusnya dapat melemahkan otot-otot tubuh seseorang. Penderitanya akan sangat merasa lemas dan jantung akan berdetak dengan cepat. Hal ini disebabkan karena jantung bekerja dengan begitu kerasnya untuk memompa darah yang tersumbat. Bila tubuh sudah tua, tidak jarang juga yang pasti akan mengalami penyakit gagal jantung ini. Hal tersebut  disebabkan karena bertambahnya usia, sehingga sudah sewajarnya fungsi organ-organ tubuh seseorang kian melemah.

Nah bagi Anda yang masih muda ataupun untuk Anda yang sudah cukup umur, maka penting sekali mengatahui cara-cara apa saja yang bisa digunakan untuk mencegah gagal jantung ini. Dan cara tersebut dapat Anda temukan di bawah ini.

6 Cara Mencegah Gagal Jantung

Meskipun penyebab terjadinya gagal jantung ini diakibatkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, akan tetapi tidak sedikit juga yang mengalami gagal jantung ini disebabkan oleh penyakit sebelumnya yaitu diabetes, kolesterol, obsesitas, depresi, dan lainnya. Penyakit-penyakit yang telah disebutkan tadi memang cukup berbahaya bila tidak segera ditangani, namun lebih bahaya lagi bila Anda tidak mencegah penyakit gagal jantung sejak dini. Untuk mengetahui apa saja cara mencegah gagal jantungmaka silahkan simak caranya berikut ini :

1. Batasi Makanan Berlemak

Cara mencegah gagal jantung yang pertama adalah dengan cara membatasi konsumsi makanan yang berlemak. Makanan yang berlemak seperti gorengan, santan, daging panggang, sate, dan sejenisnya adalah makanan yang harus Anda hindari. Makanan yang berlemak ini dapat memicu kolesterol yang pada akhirnya juga dapat berdampak pada jantung Anda.

2. Jaga Berat Badan

Obsesitas adalah istilah yang biasa kita gunakan untuk menyebut seseorang yang kelebihan berat badan. Bila orang mengalami Obsesitas, maka sudah pasti resiko yang menantinya adalah penyakit jantung koroner. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda rajin berolahraga agar tatanan gula dan kolesterol dalam tubuh Anda tetap stabil. Sehingga bila kondisi stabil tersebut terpenuhi, gagal jantung pun dapat diminimalisir.

Baca Juga : 4 Cara Mengobati Gagal Jantung

3. Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran

Kebanyakan orang biasanya merasa tidak nyaman bila tidak mengkonsumsi makanan yang manis dan juga berminyak. Sebenarnya boleh-boleh saja Anda mengkonsumsi makan-makanan yang manis dan berminyak. Akan tetapi, agar kadar kolesterol dan gula Anda tetap seimbang, maka perlu juga diimbangi dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran.

4. Tidak Merokok

Cara mencegah gagal jantung berikutnya adalah tidak merokok. Hal ini senada dengan iklan yang terus  dikampanyekan oleh produsen rokok untuk tidak merokok, karena rokok dapat membunuhmu. Sayangnya, kampanye tersebut rasanya tidak didengar dan diabaikan oleh beberapa masyarakat kita saat ini. Padahal rokok tersebut sudah jelas mengandung racun yang sangat berbahaya untuk tubuh, sehingga bukan hanya jantung saja yang akan bermasalah bila Anda merokok. Melainkan bagian organ tubuh yang lain juga bisa rusak bila seseorang aktif merokok.

5. Istirahat yang Cukup

Terakhir, istirahat yang cukup adalah kunci dari kesehatan hidup Anda. Tidak jarang yang kelelahan dan stress setiap harinya. Padahal lama kelamaan, hal tersebut dapat mempengaruhi jantung dan pada akhirnya akan menyebabkan gagal jantung. Jelas sudah, untuk mencegahnya maka Anda juga harus istirahat yang cukup.

Demikian adalah 6 cara mencegah gagal jantung yang bisa Anda coba ikuti untuk mencegah terjadinya gagal jantung. Sudah banyak yang menjadi korban dari penyakit ini. Semoga Anda tidak termasuk salah satunya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme