Cara Mengobati Penyakit Jantung Rematik

Cara Mengobati Penyakit Jantung Rematik

Cara Mengobati Penyakit Jantung Rematik – Bicara tentang penyakit jantung rematik tentu kita bicara mengenai bagian katup jantung yang rusak atau cacat akibat serangan virus Streptococcus. Bila memang kecacatan jantung ini tidak diobati, maka dampak serius sudah pasti akan dirasakan penderitanya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengobati penyakit jantung rematik. Dalam dunia medis, penyakit ini dikenal dengan Rheumatic Heart Disease atau disingkat menjadi RHD. Penyakit jantung rematik ini awalnya adalah peradangan  pada bagian tenggorokan yang disebabkan oleh virus Streptococcus. Karena tidak terdeteksi atau terlambat mendapati penanganan, maka virus tersebut turun ke bagian dalam tubuh Anda dan menyerang bagian jantung. Kondisi inilah yang disebut dengan RHD atau penyakit jantung rematik.

Bila Anda terkena penyakit jantung rematik ini, sebenarnya ada cara untuk mengobatinya. Hanya saja memang pengobatan ini harus dilakukan pada saat penyakit jantung rematik ini barus berusia minggu pertama atau paling lama minggu keenam. Hal ini dikarenakan pada minggu-minggu ini Virus Streptococcus baru menampakan gejala-gejalanya saja. Adapun gejala-gejala yang dapat Anda rasakan pada saat-saat minggu tersebut dapat Anda baca di bawah ini.

Gejala Penyakit Jantung Rematik

1. Tubuh Tidak Bergairah

Gejala pertama yang akan Anda rasakan bila menderita penyakit jantung rematik ini adalah merasa lelah dan kurang bergairah. Berat badan Anda pun menjadi turun.

2. Linu Sendi dan Nyeri pada Dada

Gejala penyakit jantung rematik selanjutnya adalah terjadinya rasa nyeri pada bagian dada diiringi dengan sesak nafas. Selain itu sendi-sendi pada tubuh Anda akan berasa linu pertanda Virus Streptococcus telah menyerang imunitas tubuh Anda.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Jantung Rematik

3. Bercak Merah

Sama seperti demam berdarah, biasanya penderita penyakit jantung koroner ini akan mengalami gejala tangannya mengalami bercak kemerah-merahan.

Cara Mengobati Penyakit Jantung Rematik

Setelah Anda mengetahui gejala-gejala penyakit jantung rematik, kini Anda harus mengetahui cara mengobati penyakit jantung rematik. Cara mengobati penyakit jantung rematik ini tidaklah bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk memastikkan sudah sejauh mana penyerangan Virus Streptococcus ini Anda perlu ke Rumah Sakit untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke bagian lab. Nantinya bila memang hasil pemeriksaan laboratium menyatakan bahwa Anda telah positif terkena Virus Sttreptococcus, maka barulah pengobatan bisa dilakukkan.

Pengobatan penyakit jantung rematik ini sendiri dilakukan dengan cara pemberian dua obat khusus. Obat khusus pertama adalah antibiotik, dan obat khusus kedua adalah obat anti peradangan. Adapun obat antibiotik yang biasa digunakan adalah Cephalosporin, Erythromycin, dan Benzathine. Sedangkan obat khusus anti peradangan yang diberikan adalah Aspirin atau Cortisone.

Bilamana memang pemberian obat tersebut berjalan lancar dan cocok untuk Anda, maka untuk perawatan selanjutnya yang akan Anda jalani adalah pengobatan kedua, yakni pemberian obat diet gizi tinggi. Pemberian obat ini dilakukan agar virus-virus terkait tidak menyerang tubuh Anda kembali. Selain itu pemberian obat ini juga dilakukan untuk pencegahan terjadinya gagal jantung.

Demikian adalah cara mengobati penyakit jantung rematik yang bisa Anda terapkan. Berhati-hatilah terhadap penyakit jantung rematik ini. Selain dapat menyebabkan bagian katup jantung Anda menjadi cacat, efek serius yang bisa terjadi selanjutnya adalah kematian. Bila tidak ditindaklanjuti dengan benar, maka orang yang menderitanya benar-benar bisa meninggal dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme