Cara Merawat Anak dengan Kelainan Jantung

Cara Merawat Anak dengan Kelainan Jantung

Cara Merawat Anak dengan Kelainan Jantung – Apakah Anda sudah tahu mengenai penyakit murmur jantung? Biasannya penyakit ini sering diderita oleh anak-anak yang memiliki kelainan pada jantungnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara merawat anak dengan kelainan jantung. Lebih tepatnya yang akan kita bahas di sini adalah mengenai anak yang kondisi jantungnya mengalami murmur. Dalam dunia medis, murmur jantung ini merujuk pada kondisi seseorang yang mana jantungnya mengeluarkan suara aneh bercampur dengan detakan jantung. Suara ini dapat Anda dengar bila menggunakan stetoskop. Selain suara tersebut, penderitanya juga akan mengalami suara yang serak akibat darah yang mengalir di sekitar jantung.

Kondisi penyakit murmur jantung ini bisa dibagi menjadi dua. Pertama penyakit murmur ini bisa juga alami akibat perkembangan anak yang cepat. Dan kondisi seperti ini merupakan hal yang wajar dan normal. Selanjutnya kondisi yang kedua, penyakit murmur jantung ini bisa juga menandakan anak Anda mengalami masalah pada bagian jantungnya, misalnya saja seperti terjadi katup jantung kognesif. Bila kondisi yang pertama adalah hal yang dialami anak Anda, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab murmur yang terjadi secara alami akan sembuh dengan sendirinya. Namun bila kondisi anak Anda mengalami murmur yang kedua, maka sebaiknya Anda melakukan perawatan khusus. Adapun cara merawat anak dengan kelainan jantung murmur tersebut dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

Cara Merawat Anak dengan Kelainan Jantung

Bilamana Anda sudah memastikan bahwa Anda memiliki penyakit jantung, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membawa anak tersebut ke Rumah Sakit terdekat menemui dokter spesialis jantung. Nantinya Anda akan mendapatkan obat-obatan dari dokter yang harus dikonsumsi anak Anda. Selain memberinya obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter, Anda juga harus merawat Anda dengan cara :

1. Ajak Bermain

Meskipun anak Anda memiliki penyakit jantung, bukan berarti Anda terus menerus merasa khawatir dengan  anak Anda. Rasa khawatir yang berlebihan akan membuat anak Anda tidak akan bahagia dan malah bisa menimbulkan rasa depresi yang mana makin berbahaya untuk jantung anak Anda. Untuk mengatasi hal ini, ajaklah anak Anda untuk bermain bersama saat Anda memiliki waktu kosong ataupun saat Anda tidak melakukan apa-apa.

2. Membatasi Penggunaan Obat

Cara merawat anak dengan kelainan jantung yang kedua adalah dengan membatasi penggunaan obat. Jika anak Anda merasakan gejala lain diluar penyakit jantungnya yang harus meminum obat-obatan, maka jangan sembarangan memberi. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis jantung anak Anda apakah boleh atau tidak. Sembarangan meminum obat dapat menyebabkan jantung anak Anda terancam bahaya.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Katup Jantung

3. Jauhkan Anak dari Rokok

Perawatan selanjutnya untuk anak Anda adalah dengan cara menjauhkan dirinya dari lingkungan yang berbahaya. Misalnya saja tempat umum seperti parkiran yang banyak asap rokok dan asap kendaraan yang menjadi satu. Sebaiknya hindari asap rokok agar jangan sampai terhirup oleh anak Anda. Selain membawa racun untuk tubuh, asap rokok ini juga dapat merusak jantung anak Anda.

Jika penyakit jantung anak Anda tidak kunjung baik juga, sebaiknya bicarakan ini kepada dokter Anda. Katakanlah pada dokter Anda telah melakukan perawatan sudah sejak lama namun belum ada perubahan. Minta tindakan khusus agar anak Anda benar-benar dapat sembuh total.

Demikian adalah cara merawat anak dengan kelainan jantung. Pastikan Anda sering menemui dokter secara berkala untuk mengetahui perkembangan penyakit jantung anak Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme