Macam Macam Penyakit Jantung

Ada banyak jenis ganguan pada jantung atau macam-macam penyakit jantung yang perlu Anda ketahui dan  Anda waspadai. Karena banyak masyarakat awan yang menganggap jika penyakit jantung itu hanya penyakit jantung koroner, padahal penyakit jantung koroner adalah salah satu dari jenis penyakit jantung.

Seperti yang telah kita ketahui jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita berupa sekumpulan otot seukuran kepalan tangan orang dewasa yang berfungsi untuk memompa dan mengalirkan darah yang kaya oksigen dan nutrisi penting lainnya keseluruh bagian tubuh. Ketika salah satu bagian jantung mengalami gangguan, maka fungsi kerja jantung akan terganggu dan secara otomatis fungsi kerja organ lainnya akan terganggu.

Macam-macam penyakit jantung dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis tergantung dari penyebabnya. Berikut ini beberapa jenis penyakit jantung yang waspadai, semoga dengan mengenal macam-macam penyakit jantung serta penyebabnya Anda bisa lebih menyayangi dan menjaga jantung kesehatan jantung, harapan lainnya dengan mengetahui jenis penyakit jantung Anda dapat melakukan pencegahan lebih dini.

macam-macam penyakit jantung, jenis penyakit jantung, ganguan pada jantung, macam-macam penyakit pada jantung

Macam-macam Penyakit Jantung Dan Penyebabnya

1. Penyakit Jantung Korner
Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan jenis paling umum dan paling banyak dari macam-macam penyakit jantung lainnya. Penyakit jantung koroner dikenal juga dengan “the silent killer” karena banyak mengakibatkan kematian, bahkan penyakit jantung koroner merupakan jenis penyakit tidak menural yang mengakibatkan jumlah kematian tertinggi di dunai. Di Indonesia sendiri penyakit jantung koroner atau dikenal juga dengan penyakit arteri koroner ini mengakibatkan kematian sekitar 26% dari seluruh kematian di Indonesia, bahkan tercatat dalam 10 tahun terahir jumlah angka kematian akibat penyakit jantung koroner (PJK) cenderung mangalami peningkatan.

Penyebab utama penyakit jantung koroner adalah sterosklerosis. Aterosklerosis adalah proses pengerasan dan penebalan pembuluh arteri koroner yang di sebabkan oleh penumpukan plak ateromatosa yang terdiri dari kolesterol, lemak dan sisa hasil metabolisme tubuh lainnya. Banyak faktor yang dapat mengakibat terjadinya aterosklerosis, namun sebagian besar akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehhat, seperti kebiasaan merokok, banyak mengkonsumsi makanan yang mengadung kolesterol dan lemak jenuh. Obesitas atau kegemukan dan kurang berolahraga juga dapat mengakibatkan penyakit janutng koroner selain karena adanya faktor keturunan.

2. Imfark Miokard Akut (kerusakan dan kematian otot jantung)
Imfark Miokard Akut merupakan ganguan pada jantung sebagai akibat dari penyakit jantug koroner. Penyumbatan yang terjadi pada arteri koroner menyebabkan otot-otot jantung tidak mendapakan pasokan darah yang cukup, jika kondisi ini berlangsung lama maka otot jantung akan mengalami kerusakan bahkan ototnya bisa mati. Darah yang kaya oksigen dan nutrisi lainnya dibutuhkan oleh otot jantung agar bisa berfungsi dan bekerja secara normal.

3. Gagal Jantung

Ketika otot jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, maka fungsi kerja jantung akan terganggu. Dikatakan “Gagal Jantung” bukan berarti jantung berhenti berkerja, Tetapi jantung tidak dapat berkerja dengan maksimal untuk memompa dan mengalirkan darah keseluruh bagian tubuh. Gagalnya jantung dalam memenuhi kebutuhan darah yang cukup dapat mengakibatkan muncul gejala seperti nyeri dada, sesak napas, mudah lelah, pusing, detak jantung tidak normal dan sebagainya. Penyebab gagal jantung sebagian besar karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

4. Kardiomiopati (pelemahan dan pembesaran otot jantung)
Kardiomiopati merupakan jenis gangguan pada otot jantung yang dapat mengakibatkan jantung lebih sulit untuk memompa dan mengalirkan darah keseluruh tubuh. Kardiomiopati terbagi menjadi tida tipe utama yaitu kardiomiopati dilatasi (meluas), hipertrofi dan restriktif. Kardiomiopati dapat terjadi karena melemahnya ruang utama jantung yang berfungsi untuk memompa darah yaitu ventrikel kiri, membesar dan menebalnya otot pada ruang utama jantung secara abnormal atau karena pengerasan otot jantung.

Secara umum penyebab kardiomiopati tidak diketahui, namun ada beberapa faktor yang berkontribusi terjadinya kardiomiopati, diantaranya penyakit tekanan darah tinggi yang berlansung lama, kerusakan jaringan jantung akibat serang jantung, denyut jantung yang terlalu cepat, ganguan katup jantung, penyakit metabolik seperti penyakit diabetes dan masalah tiroid, konsumsi alkohol dan obat terlarang, penumpukan zat besi pada otot jantung dan karena faktor genetik.

 5. Kelainan Katup Jantung
Jenis penyakit jantung lainnya adalah masalah kelainan pada katup jantung, katup jantung berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan aliran darah dalah jantung. Jenis penyakit jantung ini dapat terjadi karena kelainan katup jantung bawaan sejak lahir, karena infeksi virus atau bakteri pada jantung atau karena efek samping dari pengobatan.

6. Penyakit Jantung Rematik
Penyakit jantung rematik (PJR) adalah komplikasi yang paling ditakuti dari demam rematik. Istilah ” penyakit jantung rematik ” mengacu pada kerusakan katup jantung kronis bisa berupa penyempitan atau kebocoran, terutama pada katup mitral yang dapat terjadi setelah seseorang mengalami demam rematik akut. Kerusakan katup ini akhirnya dapat menyebabkan gagal jantung. Banyak pendapat yang menyatakan penyebab penyakit jantung rematik adalah reaksi dari autoimun sebagai reaksi dari penyakit demam rematik.

7. Penyakit jantung Bawaan
Jenis penyakit jantung berikutnya adalah penyakit jantung bawaan (PJB), penyakit jantung bawaan merupakan kelainan organ jantung yang sudah tejadi sejak masa kelahiran, kelainan ini dapat terjadi karena organ jantung atau pembuluh darah di sekitar jantung tidak terbentuk secara sempurna pada masaperkembangan janin (tiga bulan pertama kehamilan). Penyebab penyakit jantung bawaan sebagaian besar kasusnya tidak di ketahui, namun sebagian dokter menyatakan sebagian penyebabnya infeksi virus yang diderita ibu saat hamil, faktor keturunan, kebiasaan minum alkohol saat hamil muda, menggunakan obat berbahaya temasuk obat aborsi / obat peluntur untuk menggagalkan kehamilan.

8. Penyakit Serebrovaskular
Penyakit serebrovaskular merupakan jenis penyakit jantung terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di jantung yang mengarah ke otak. Penyakit jantung ini jika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat dapat mengakibatkan serangan stroke. Penyebab penyakit serebrovaskular ini sama dengan penyakit jantung koroner.

9. Fibrilasi Atrial
Fibrilasi atrial merupakan gangguan pada jantung akibat ritme listrik jantung yang mengganggu kerja atrial. Kelistrikan jantung yang tidak normal akan mengakibatkan otot jantung berkontraksi tidak beraturan dan jantung tidak dapat memompa darah dengan normal. Penyebab fibrilasi atrial diantaranya kelainan tiroid (hipertiroid) dan keracunan alkohol dalam jumlah banyak.

Cara Pengobatan Macam-macam Penyakit Jantung

Macam-macam penyakit jantung dan penyebabnya di atas harus mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Pengobatan macam-macam penyakit jantung harus di lihat dari masing-masing penyebab dan faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung tersebut muncul.

Jika Anda telah mendapatkan vonis menderita penyakit jantung, segeralah untuk memperbaiki gaya hidup dan merubah pola makan dengan yang lebih sehat. Pengobatan penyakit jantung secara garis besar dapat dilakukan dengan cara:

Pengobatan Penyakit Jantung Merubah Gaya Hidup dan Pola Makan

Dengan merubah gay hidup dan pola makan dengan yang lebih sehat, Anda dapat mencegah penyakit jantung yang Anda derita supaya tidak semakin buruk. Selain itu juga Anda dapat terhindar dari risiko munculnya tanda-tanda penyakit jantung. Mengubah gaya hidup dapat Anda lakukan denga melakukan beberapa tips cara pengobatan penyakit jantung, seperti:

  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Menerapkan pola makan yang lebih sehat, seperti, mengurangi makanan yang banyak mengandung kolesterol, lemak jenuh dan memperbanyak makan buah dan dayuran yang banyak mengandung antioksidan.
  • Menurunkan dan menjaga berat badan
  • Menjaga dan mengontrol penyakit penyebab penyakit jantung koroner, seperti penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
  • Rajin berolahraga atau aktif secara fisik

Pengobatan Penyakit Jantung dengan Mengkonsumsi Obat-obatan

Merubah daya hidup dan pola makan saja tidak cukup untuk mengobati penyakit jantung, terkadang Anda memerlukan penaganan yang lebih dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk penyakit jantung baik obat jantung dari dokter maupun menggunakan obat herbal. Beberapa jenis obat yang biasa dokter berikan antara lain Beta-blockers, Calcium chanel bloker, Obat nitrat, Ivabradine, Nicorandil, Ranolazine.

Anda juga dapat melakukan pengobatan penyakit jantung koroner dengan menggunakan obat herbal penurun kadar kolesterol, obat herbal antiplatet (pencegah gumpalan darah), obat anti-hipertensi dan juga obat dibates. Kami menyarankan obat jatung koroner ICP Capasule.

obat penyakit jantung, obat jantung koroner, obat sakit jantung koroner, obat penyakit jantung paling ampuh

Obat Penyakit Jantung Paling Ampuh

Kenapa harus obat jantung koroner ICP Capsule, ICP capsule merupakan obat herbal penyakit jantung paling ampuh yang telah digunakan oleh 10.000 rumah sakit  lebih dan saat ini ICP Capsule menjadi obat utama dan pertam yang diberikan kepada pasien yang terkena serangan jantung saat masuk ruang ICU. Selain itu ICP Capsule adalah obat herbal pertama yang telah lulus uji klinis tahap II dari FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Baca : Obat Herbal Jantung Koroner

Pengobatan Penyakit Jantung Melalui Tindakan Operasi

Jika penggunaan obat-obatan tidak mendapatkan khasil yang maksimal, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan pengobatan dengan cara operasi. Berikut ini tindakan operasi untuk pengobatan penyakit jantung:

  • Intervensi Koroner Perkutan Primer – Tindakan operasi ini bertujuan untuk memperlebar dimeter pembuluh arteri koroner yang mengalami penyumbatan. Prosedur ini dilakukan dengan memasukan stent (cincin) ke arteri jantung yang tersumbat melalui proses kateterisasi jantung atau angiografi koroner.
  • Operasi bypass arteri jantung – Bypass arteri jantung adalah prosedur untuk membuka jalur aliran darah yang baru menuju jantung agar suplai darah ke jantung tercukupi. Penanaman pembuluh darah ini biasanya di ambil dari pembuluh darah dari anggota tubuh yang lain seperti paha atau lengan.

Demikianlah penjelasan tentang macam-macam penyakit jantung, penyebab, gejala dan cara pengobatannya. Semoga dengan informasi yang kami berikan ini, membuat Anda semakin peduli untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan jantung.

Updated: August 31, 2015 — 7:28 pm
Free counter and stats for your website on www.motigo.com
Obat Herbal Sakit Jantung Koroner | Kebijakan Privasi | Syarat dan Ketentuan Frontier Theme