Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Jantung Anak

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Jantung Anak

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Jantung Anak – Anak adalah pelita hati yang selalu membuat kita tersenyum selelah apapun kondisi fisik terasa. Bila sesutau terjadi pada anak, rasanya pasti akan sangat menyesakkan dada. Untuk itu penting sekali menjaga anak agar selalu sehat agar tidak sakit. Tapi sayang tidak semua anak di dunia ini beruntung. Ada beberapa anak yang terlahir dengan beberapa kekurangan dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Salah satu kekurangan tersebut dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah PJB (Penyakit Jantung Bawaan). Apa itu PJB? PJB ini penyakit jantung bawaan sejak lahir yang dimiliki oleh seseorang karena kondisi jantung yang dimilikinya tidaklah normal, dalam arti lainnya orang tersebut memiliki kelainan pada jantungnya. Kelainan tersebut berbeda-beda antara anak yang satu dengan lainnya, tentu saja hal ini berlaku juga untuk pengobatannya yang berbeda-beda.

Penting sekali untuk Anda mengetahui jenis-jenis penyakit jantung bawaan pada anak. Dengan mengetahui jenis-jenis penyakit jantung ini, maka Anda dapat melihat sekaligus memastikan apakah anak Anda memiliki penyakit yang dimaksud dengan penyakit jantung bawaan ini atau tidak. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca di bawah ini.

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Jantung Anak

Siapa sih yang ingin dilahirkan memiliki kelainan? Apalagi kelainan tersebut pada jantung yang kita miliki. Memang miris rasanya, akan tetapi hidup haruslah kuat. Bersyukurlah meski memiliki kelainan pada jantung. Karena setidaknya kita dapat merasakan hidup dan sempat merasakan keindahan dunia ini. Nah, agar Anda lebih mengerti kondisi penyakit jantung pada anak, maka berikut ini adalah jenis-jenis penyakit jantung anak yang perlu Anda ketahui :

1. PDA (Persisten Duktus Arteriosus)

Jenis penyakit jantung ini adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh pembuluh darah yang terhubung dengan aorta distal dari arteria pulmonalis bersama dengan arteria subklavia. Secara fungsional dan anatomis maka pembuluh darah yang menghubungkan dengan jantung jadi tertutup. Sehingga bila anak Anda mengalami Duktus Arteriosus ini ingin bertaha hidup, maka haruslah dijalani tindakan operasi agar dapat bertahan hidup.

2. Tetralogi Fallot (TF)

Jenis penyakit jantung yang kedua ini adalah kondisi dimana kelainan penyakit jantung terjadi komplikasi. Parahnya kondisi jenis panyakit jantung ini dikarenakan komplikasi tersebut melibatkan ketiga jenis penyakit jantung lainnya. Yakni PDA, VSD, dan PS.

Baca Juga : Cara Memperkuat Jantung yang Lemah

3. Pulmonary Stenosis (PS)

Selanjutnya adalah PS atau Pulmonary Stenosis. Jenis penyakit jantung ini adalah kondisi dimana tubuh seseorang mengalami penyempitan katup paru. Padahal katup paru ini sendiri fungsinya sangat penting untuk mengelola oksigen dari sistem aliran darah bilik kanan jantung menuju paru-paru. Karena penyempitan pada katup paru ini, maka bilik jantung kanan harus bekerja keras untuk memompa darah.

4. Ventracular Septal Defect (VSD)

Jenis penyakit jantung anak yang selanjutnya adalah VSD. Bisa dibilang jenis penyakit jantung ini ditandai dengan adanya bolong-bolog yang terjadi pada bilik jantung. Karena bolong tersebut pada akhirnya menyebabkan terjadinya kebocoran antara bilik kiri dan bilik kanan jantung. Nah, kebocoran inilah yang menyebabkan oksigen yang dibawa oleh darah tinggi oksigen kembali ke paru-paru dan menutup darah rendah oksigen. Pengaruhnya untuk anak adalah bila bolong-bolong yang terjadi berukuran besar. Bila besar, maka anak Anda dapat mengalami Gagal Jantung.

Demikian adalah info tentang jenis-jenis penyakit jantung pada anak yang perlu Anda kektahui. Semoga dengan informasi ini Anda lebih tahu, apakah anak Anda baik-baik saja atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme