Mengenal Penyakit Jantung Aritmia

Mengenal Penyakit Jantung Aritmia

Mengenal Penyakit Jantung Aritmia – Apakah Anda memiliki penyakit jantung? Bila iya, harusnya Anda tahu jenis penyakit jantung apa yang menyerang Anda. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit jantung aritmia. Penyakit jantung aritmia ini adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh ketidakberaturannya detak jantung. Detak jantung yang dihasilkan oleh penderita penyakit jantung aritmia ini bisa cepat ataupun sebaliknya sangat lambar jauh dari kata normal. Umumnya, kecepatan normal detak jantung yang terjadi pada tubuh seseorang adalah 60 detakan sampai 100 detakan per menit. Dampak yang sering terjadi pada penderitanya adalah sering lemas hingga pingsan.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui seseorang terkena penyakit jantung aritmia? Cara mudahnya adalah dengan mengukur atau menghitung sendiri detakan jantung kita melalui nadi di tangan dan di tenggorokan. Hitunglah secara manual, bila detakan yang terjadi pada denyut nadi masih dalam kisaran 60 sampai dengan 100, maka itu artinya detakan jantung Anda masih normal dan Anda tidak terkena penyakit jantung aritmia. Bila Anda menginginkan metode praktis tanpa memeriksanya secara manual, maka Anda dapat menggunakan mesin ECG (Electrocardiography). Dengan menggunakan alat ini, makas hasilnya jauh lebih presisi serta lebih terjamin sebab dokter yang akan mendiagnosa apakah Anda terkena penyakit jantung aritmia atau tidak.

Jenis-Jenis Penyakit Jantung Aritmia

Bila Anda terkena penyakit jantung aritmia, maka ada jenis-jenis penyakit jantung aritmia yang perlu Anda ketahui. Jenis-jenis ini adalah yang seringkali orang alami. Berikut adalah jenis-jenis penyakit jantung aritmia :

1. Fibrilasi Atrium

Jenis penyakit jantung aritmia ini adalah berdetaknya sangat cepat meski Anda tidak melakukan aktivitas apa pun.

2. Fibrilasi Ventrikel

Jenis penyakit jantung aritmia ini adalah berdetaknya jantung sangat cepat sekali sampai penderitanya kehilangan kesadaran bahkan bisa membuat penderitanya mati secara mendadak.

3. Bradikardia

Jenis penyakit jantung aritmia ini adalah kondisi dimana jantung berdetak sangat lambat dan tidak teratur.

4. Takikardia Supraventrikular

Jenis penyakit jantung aritmia ini adalah kondisi dimana jantung bergerak cepat dibandingkan detakan jantung normal pada umumnya.

5. Blok Jantung

Penyakit jantung aritmia ini adalah kondisi dimana jantung bergerak sangat lambat hingga membuat penderitanya pingsan secara mendadak.

Baca Juga : 5 Bahaya Penyakit Jantung Bengkak

Gejala Penyakit Jantung Artimia

Banyak orang yang tidak merasakan bahwa dirinya terkena penyakit jantung aritmia. Hal ini dikarenakan orang tersebut tidak sadar dan tidak melakukan pemeriksaan terhadap dirinya. Akan tetapi bila memang Anda merasa bahwa diri Anda terkena penyakit jantung aritmia ini, maka gejala-gejala penyakit jantung aritmia di bawah ini pasti Anda rasakan. Gejala tersebut adalah :

  1. Pusing
  2. Dada Berdebar
  3. Sesak Nafas
  4. Cepat Lelah
  5. Detak Jantung Berasa Cepat
  6. Detak Jantung Berasa Lebih Lambat
  7. Pingsan

Penyebab Penyakit Jantung Aritmia

Adapun penyebab dari timbulnya penyakit jantung aritmia ini ada beberapa. Namun yang seringkali menjadi penyebab penyakit jantung aritmia terhadap banyak orang adalah penggunaan obat-obatan terlalu banyak, terjadinya ketidakseimbangan pada elektrolit darah, banyak merokok, banyak meminum alkohol, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

Demikian adalah informasi tentang penyakit jantung aritmia yang perlu Anda ketahui. Bila gejala-gejala penyakit jantung aritmia seperti yang telah dijelaskan di atas telah Anda rasakan, maka sebaiknya segera menuju Rumah Sakit untuk mengetahui info lebih lanjut tentang jantung Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme