Mengenal Penyakit Jantung Kongenital Kelainan Jantung Bawaan

Mengenal Penyakit Jantung Kongenital Kelainan Jantung Bawaan

Mengenal Penyakit Jantung Kongenital Kelainan Jantung Bawaan – Pada dasarnya penyakit jantung memiliki perbedaan dari macam-macam jenis penyakit jantung lainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas penyakit kongenital yakni kelainan jantung bawaan. Apa itu penyakit jantung kongenital? Secara sederhana, penyakit jantung kongenital itu berarti adanya kelainan pada jantung Anda. Secara lebih rincinya, penyakit jantung kongenital ini adalah penyakit jantung bawaan yang terjadi pada saat seseorang masih berada dalam kandungan. Pada kondisi ini, janin mengalami malinformasi yang disebabkan adanya infeksi dari bakteri, adanya gen panyakit jantung bawaan dari orang tua, faktor lingkungan, mutasi kromosom, dll yang menyebabkan struktur jantung menjadi cacat. Bila beruntung, sel-sel yang cacat akibat kelainan jantung ini dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi bila Anda kurang bernasib baik, maka penyakit jantung bawaan ini akan Anda bawa seumur hidup. Tentu saja bila Anda tidak melakukan perawatan.

Penyakit jantung kongenital atau penyakit jantung bawaan ini terbagi menjadi dua. Pertama adalah penyakit jantung bawaan sianotik, dan yang kedua adalah penyakit jantung bawaan asianotik. Penyakit jantung bawaan sianotik ini merujuk pada kondisi jantung dimana adanya pirau yang mengalir dari bilik jantung kanan ke sebelah kiri. Lalu penyakit jantung asianotik adalah kebalikan dari sanotik, yakni terjadinya pirau yang mengalir dari bilik jantung kiri ke sebelah kanan.

Gejala Penyakit Jantung Kongenital atau Kelainan Jantung Bawaan

Karena biasanya penyakit jantung bawaaan ini pertama kali terjadi pada saat seseorang masih bayi, tentu sulit untuk mencari tahu gejalanya. Akan tetapi secara umum, bila seseorang mengalami penyakit jantung kongenital ini, maka gejala yang akan dialaminya adalah sebagai berikut ini :

  1. 1. Terjadinya Murmur Jantung
  2. 2. Bibir Membiru
  3. 3. Nafas yang dilakukan menjadi cepat.
  4. 4. Aliran Darah tidak stabil.
  5. 5. Tidak sadarkan diri.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Jantung Aritmia

Penyebab Penyakit Jantung Kongenital atau Kelainan Jantung Bawaan

Mengetahui penyebab penyakit jantung kongenital sangat penting untuk Anda ketahui. Adapun penyebab penyakit jantung kongenital atau kelainan jantung bawaan adalah berikut ini :

1. Warisan Gen Orang Tua

Penyakit jantung kongenital ini lebih banyak diwariskan. Sehingga bila orang tua Anda memiliki riwayat penyakit jantung bawaan, maka bisa jadi anak-anaknya juga akan menderita penyakit jantung kongenital ini.

2. Faktor Lingkungan

Faktor penyebab penyakit jantung kongenital selanjutnya adalah lingkungan. Lingkungan yang kotor, kumuh dan tidak terawat membuat adanya bakteri yang bisa saja masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Sehingga bila bakteri ini menyerang, maka janin yang dikandung Ibu Hamil bisa mengalami penyakit jantung kongenital.

Pengobatan Penyakit Jantung Kongenital atau Kelainan Jantung Bawaan

Bila Anda atau anak Anda telah pasti terkenan penyakit jantung bawaan ini, maka tidak ada cara alami untuk mengobatinya. Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penderita penyakit jantung bawaan adalah dengan cara membawanya ke Rumah Sakit terdekat untuk didiagnosa dan mendapatkan penangan selanjutnya.

Demikian adalah informasi tentang penyakit jantung kongenital kelainan jantung bawaan. Kesimpulannya adalah jaga lingkungan Anda tetap bersih agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sebab, meski Anda memiliki jantung yang sehat namun tidak menjaga lingkungan tempat tinggal Anda, maka penyakit jantung rematiklah yang akan menyerang Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme