Mengenal Penyakit Jantung Rematik

Mengenal Penyakit Jantung Rematik

Mengenal Penyakit Jantung Rematik – Apakah Anda tahu tentang Kardiovaskuler? Kardiovaskuler adalah penyakit yang meliputi jantung dan sekitarnya. Banyaknya penyakit yang dapat menyerang jantung, maka istilah Kardiovaskuler ini digunakan untuk memudahkan penyebutan penyakit yang berhubungan dengan penyakit jantung tersebut. Penyakit jantung sendiri sebenarnya sangat banyak, misalnya saja penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung bocor, penyakit jantung bengkak, penyakit gagal jantung, penyakit jantung rematik, dll. Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah penyakit jantung rematik.

Apakah Itu Penyakit Jantung Rematik?

Penyakit jantung rematik adalah kondisi dimana jantung seseorang mengalami kerusakan pada seluruh bagian penting jantung serta selaput jantung. Biasanya penyakit jantung rematik ini adalah lanjutan dari seseorang yang sebelumnya terkena penyakit rematik. Bila seseorang terkena penyakit jantung rematik, maka bagian katup jantungnya akan mengalami penyempitan, kerusakan, dan juga bocor.

Demam Rematik

Dalam ilmu kedokteran, biasanya penyakit jantung rematik ini disingkat dengan RHD yakni Rheumatic  Heart Disease. Penyakit jantung rematik ini lebih banyak menyerang anak-anak remaja dibandingkan dengan orang tua. Awal mulanya penyakit jantung rematik ini diawali dengan gejala demam rematik. Lalu apakah itu demam rematik? Demam rematik ini adalah kondisi dimana terjadinya infeksi pada bagian tenggorokan yang diakibatkan oleh peradangan yang dibiarkan atau tidak dirawat dengan benar. Berdasarkan data yang tercatat dalam lembaga survey kesehatan, penyakit demam rematik ini biasanya banyak terjadi pada anak yang berusia 5-15 Tahun.

Baca Juga : Cara Mencegah Serangan Jantung Dadakan

Penyebab Penyakit Jantung Rematik

Apabila demam rematik dibiarkan atau tidak ditangani dengan serius kemudian kondisinya semakin memarah, yang akan terjadi selanjutnya adalah merambat ke jantung. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung rematik. Bisa dipastikan apabila seseorang mengalami penyakit jantung rematik, yang akan terjadi pada jantungnya adalah kecacatan permanen. Sehingga penyakit ini benar-benar tergolong serius dan tidak boleh Anda abaikan begitu saja.

Meskipun penyakit ini banyak menyerang anak yang berusia 5-15 Tahun, bukan berarti Anda yang dewasa dapat tenang. Justru sebaliknya, sebaiknya jaga kesehatan Anda dan waspada terhadap demam rematik ini. Sebab bila Anda merasakan yang aneh pada tenggorokan Anda dan Anda tidak melakukan apa-apa, bisa jadi yang terjadi pada tenggorokan Anda tersebut adalah demam rematik. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bila demam rematik ini tidak segera Anda obati yang terjadi adalah penyakit jantung rematik. Jadi, penyakit jantung ini juga memiliki kemungkinan untuk menyerang orang dewasa. Meski kasus yang terjadi lebih banyak pada anak usia  5-15 Tahun, tapi Anda tidak boleh berhenti waspada terhadap penyakit jantung ini.

Penyebab Demam Rematik

Demam rematik yang menyebabkan penyakit jantung rematik ini sebenarnya diawali dengan serangan virus Streptococcus Beta Hemolyticus Group A. Virus inilah yang menyebabkan peradangan pada tenggorokan seseorang yang kemudian dapat berubah menjadi penyakit jantung rematik. Tanpa penanganan yang tepat, maka virus ini dapat menyebar ke bagian jantung dengan melewati aliran darah sebagai medianya. Sehingga pada akhirnya katup jantung yang akan menjadi sasaran dari virus ini.

Sekarang Anda sudah tahu bukan tentang apa itu penyakit jantung rematik dan juga penyebabnya. Demikian adalah informasi tentang penyakit jantung rematik yang perlu Anda ketahui. Menjaga serta dengan cepat menyadari  bila sesuatu terjadi pada tenggorokan Anda adalah kunci untuk menghindari penyakit jantung rematik ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme