Mengenal Penyakit Katup Jantung

Mengenal Penyakit Katup Jantung

Mengenal Penyakit Katup Jantung – Seperti yang sudah Anda tahu bahwa Kardiovaskuler memiliki jenis-jenis penyakit jantung yang banyak macamnya. Misalnya saja seperti penyakit jantung rematik, penyakit jantung bocor, penyakit gagal jantung, penyakit katup jantung, dll. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit katup jantung. Penyakit ini memang tidak terlalu banyak diderita oleh orang seperti penyakit jantung koroner, akan tetapi perlunya Anda untuk mengetahui informasi ini akan sangat bermanfaat untuk Anda maupun orang-orang di sekitar Anda.

Apakah itu Penyakit Katup Jantung?

Pada dasarnya manusia sendiri memiliki empat katup jantung yang bekerja normal sebagai mana mestinya. Akan tetapi karena satu dan berbagai hal, maka terjadinya kelainan pada empat katup jantung ini. Sehingga hal inilah yang disebut dengan penyakit katup jantung. Dalam istilah medis penyakit katup jantung ini biasa dikenal dengan sebutan VHD (Valvular Heart Disease). VHD ini secara lebih rincinya adalah suatu kondisi dimana aliran darah yang menuju jantung justru terbalik arahnya akibat kebocoran yang terjadi pada katup jantung.

Baca Juga : Alasan Rokok Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

Penyebab Terjadinya Penyakit Katup Jantung

Seperti berbagai macam jenis penyakit lainnya. Penyakit katup jantung ini terjadi bukan tanpa sebab, melainkan ada beberapa sebab. Sebab tersebut ada 2, berikut ini adalah penyebab terjadinya penyakit katup jantung :

1. Stenosis

Penyebab terjadinya penyakit katup jantung yang pertama adalah terjadinya Stenosis. Dalam dunia medis, stenosis ini digunakan untuk merujuk pada kondisi dimana katup jantung menutup rapat sehingga membuat aliran darah tidak bisa lewat sehingga aliran darah menjadi terbalik arahnya. Kondisi stenosis inilah yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit katup jantung.

2. Regurgitasli

Penyebab terjadinya penyakit katup jantung yang kedua adalah Regurgitasli. Dalam dunia medis, Regurgitasli ini adalah kondisi dimana katup jantung telah kehilangan kemampuan untuk menutup diri. Sehingga tidak berjauh beda dengan stenosis, yang akan terjadi adalah aliran darah dapat mengalir ke arah sebaliknya. Bedanya adalah masih adanya sedikit darah yang masuk ke jantung, namun karena hanya sedikit, pada akhirnya membuat jantung menjadi bekerja lebih keras dan pada akhirnya akan menyebabkan ketidaknormalan pada jantung.

Gejala-Gejala Penyakit Katup Jantung

  1. Nyeri di dada.
  2. Sesak nafas.
  3. Irama detak jantung tidak menentu.
  4. Tekanan tinggi terjadi pada bagian Paru-Paru.
  5. Terjadinya Stroke.

Itulah informasi mengenai penyakit katup jantung, adapun cara pengobatan yang biasa dilakukan oleh penderita penyakit katup jantung ini adalah dengan menggunakan metode balon. Metode ini dilakukan di Rumah Sakit dan hanya ditangani dokter khusus saja. Metode ini memungkinkan diri Anda dimasuki selang yang dibagian ujungnya telah diberi balon. Pada saat balon sampai ke bagian katup jantung yang tertutup, maka balon akan dipompa untuk membuka katup jantung tersebut. Metode ini biasanya dilakukan bilamana kondisi pasien sudah benar-benar payah dan butuh penanganan medis secepatnya.

Demikian adalah informasi mengenai penyakit katup jantung yang bisa disampaikan. Meskipun penyakit katup jantung ini lebih banyak terjadi akibat kelainan pada katup jantung. Bukan berarti Anda yang memiliki katup jantung normal bisa santai. Anda juga harus menjaga kesehatan jantung Anda dengan cara berolahraga dan makan-makanan yang baik untuk jantung.  Bilamana Anda menjaga tubuh Anda dengan baik, maka peluang Anda terkena penyakit jantung akan hilang. Semoga informasi ini memberikan Anda wawasan dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme