Penyebab Pengerasan Arteri Jantung

Penyebab Pengerasan Arteri Jantung

Penyebab Pengerasan Arteri Jantung –Arteri adalah bagian yang paling banyak berkaitan dengan penyakit jantung. Arteri sendiri merupakan pembuluh darah yang mana tugasnya adalah membawa darah yang berasal dari jantung untuk dibagikan ke seuluruh bagian tubuh. Arteri ini dikelilingi oleh lapisan sel khusus yang tipis. Lapisan tersebut bernama Endothelium. Lapisan inilah yang membuat fungsi arteri berjalan maksimal. Dengan Endothelium maka aliran darah yang berada di dalam arteri akan mengalir pada jalurnya. Lalu apa hubungannya arteri ini dengan penyakit jantung? Kenapa arteri ini menjadi penyebab penyakit jantung? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas penyebab pengerasan arteri jantung. Sehingga jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dibahas di sini.

Sebelum kita memasuki penyebab pengerasan arteri jantung itu sendiri, kita akan membahas apa itu pengerasan arteri jantung. Berdasarkan ilmu medis, pengerasan arteri ini diberi nama dengan Aterosklerosis. Aterosklerosis ini terjadi karena lapisan sel tipis bernama Endothelium ini mengalami kerusakan berbentuk plak. Sehingga lapisan yang berbentuk seperti pipa ini bagian rongganya telah terisi plak, dan plak tersebut menekan selang arteri di dalam pipa yang mengakibatkan arteri jadi tersumbat dan keras. Bila terjadi pada bagian jantung maka disebut dengan penyakit jantung koroner. Bila terjadi pada bagian tubuh yang lain maka jadinya adalah Stroke. Selengkapnya tentang penyebab pengerasan arteri jantung ini bisa Anda simak di bawah ini.

Penyebab Pengerasan Arteri Jantung

Biasanya pengerasan arteri jantung ini tidak menimbulkan gejala bila Anda masih muda. Namun saat umur bertambah tua maka dampak dari pengerasan arteri jantung ini barulah mulai terlihat. Biasanya gejala yang mudah terlihat adalah terjadinya rasa nyeri pada bagian dada. Sedangkan gejala terkestrim adalah pecahnya sumbatan yang terjadi sehingga menyebabkan darah yang berada di dalam arteri jadi mengumpul. Adapun penyebab pengerasan arteri jantung ini adalah sebagai berikut ini :

  1. Banyak makan-makanan yang berminyak.
  2. Kebiasaan merokok.
  3. Kebiasaan minum alkohol.
  4. Kurang makan sayur dan buah-buahan.
  5. Jarang nerolahraga.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Jantung Kongenital Kelainan Jantung Bawaan

Pengobatan Aterosklerosis

Bila memang Aterosklerosis berhasil terdeteksi sejak dini, yakni sudah dikatehui adanya plak dalam arteri sebelum menjadi parah, maka Anda bisa mengobatinya dengan 2 hal berikut ini :

1. Makan-Makanan yang Kaya Akan Nutrisi.

Bila memang plak yang terdapat dalam Endotherium belum terlalu banyak, maka Anda dapat mengatasinya dengan perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Manfaat buah dan sayuran tersebut untuk mengikis plak sedikit demi sedikit. Selain perbanyak makan-makanan yang kaya akan nutrisi, penting juga untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berminyak yang bisa memicu kolesterol.

2. Menjalani Pola Hidup Sehat

Pengobatan Aterosklerosis yang kedua adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Rutinlah berolahraga. Dengan rutinnya Anda melakukan olahraga, maka gula dan minyak yang ada di dalam tubuh Anda akan stabil sehingga tidak lagi tercipta plak yang dapat menyumbat arteri. Jadikan olahraga ini bukan hanya untuk obat pengerasan arteri jantung saja. Akan tetapi, Anda perlu juga menjadikan olahraga ini sebagai pola hidup sehat agar pengerasan arteri jantung dan penyakit lain tidak menyerang Anda kembali.

Demikian adalah penyebab pengerasan arteri jantung yang perlu Anda ketahui. Menjaga pola hidup dengan banyak berolahraga serta makan-makanan yang bernutrisi adalah kunci terlepas dari pengerasan arteri jantung ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme