Penyebab Penyakit Jantung Rematik

Penyebab Penyakit Jantung Rematik

Penyebab Penyakit Jantung Rematik – Cacat jantung bisa terjadi pada siapa saja, baik untuk orang dewasa, lansia hingga seorang anak yang baru lahir. Secara umum, orang bisa menderita kecacatan jantung dikarenakan 2 hal. Hal yang pertama adalah cacat karena kelainan jantung akibat penyakit jantung bawaan, yang kedua cacat disebabkan oleh penyakit jantung rematik. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas penyebab penyakit jantung rematik. Sebenarnya apa itu penyakit jantung rematik dan apa penyebabnya? Dampaknya yang sangat vital terhadap organ yang paling penting di tubuh kita, maka Anda wajib mengetahui penyakit yang satu ini.

Penyakit jantung rematik adalah suatu kondisi dimana tubuh pasien terkena virus atau bakteri yang menyerang hingga ke bagian jantung. Penyerangan virus tersebutlah yang membuat jantung ini cacat. Bagian yang cacat atau rusak akibat serangan virus tersebut adalah bagian katup jantung. Kecacatannya sendiri bisa berupa kebocoran maupun penyempitan. Berdasarkan data yang ada, penyakit ini biasa menyerang seseorang  yang usianya 5-15 tahun. Lebih lengkapnya tentang penyakit jantung rematik ini dapat Anda lihat di bawah ini.

Penyebab Penyakit Jantung Rematik

Pemicu dari penyakit jantung rematik ini adalah virus yang berasal dari lingkungan kotor. Lingkungan yang jarang dibersihkan dan kumuh merupakan sumber virus ini berasal. Karena anak-anak usia 5-15 tahun masih jarang sekali yang perduli akan lingkungan sekitarnya, maka hal inilah yang menyebabkan virus ini banyak menyerang anak-anak. Virus yang menyebabkan penyakit jantung rematik ini bernama Streptococcus. Tidak peduli pria atau wanita, virus ini dapat menyerang siapapun. Termasuk yang umurnya di atas 15 tahun.

Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Jantung Rematik

Penyakit jantung rematik ini sangatlah berbahaya dan dapat menyebabkan dampak yang serius hingga menyebabkan kematian bila tidak ditangani. Untuk itu daripada mengobati, sebaiknya Anda mencegah penyakit ini dengan cara mengetahui penyebanya. Adapun penyebab penyakit jantung rematik adalah berikut ini :

1. Demam Rematik

Demam rematik menjadi pemicu pertama yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung rematik. Demam rematik ini terjadi pada saat bagian tenggorokan Anda terserang virus ini. Ciri-cirinya adalah terjadinya peradangan pada bagian tenggorokan. Bilamana tidak ditanggapi serius dan tidak segera diobati, maka virus yang menyerang bagian tenggorokan ini akan turun ke bagian dalam tubuh dan menyerang bagian jantung. Bagian katup jantung akan rusak secara perlahan hingga menjadi cacat. Dan kondisi inilah yang disebut dengan penyakit jantung rematik.

2. Kurang Gizi

Penyebab penyakit jantung rematik yang kedua adalah kurangnya nutrisi, gizi, dan vitamin dalam tubuh. Pada hakikatnya virus tidak akan mampu mememberikan penyakit terhadap tubuh manusia bila imunitas tubuhnya tinggi. Namun, bila kekurangan gizi, maka imunitas tubuh menjadi rendah. Hal inilah yang dapat menyebabkan virus dapat masuk dan menyerang. Cara untuk mengatasi kekurangan gizi ini adalah dengan cara menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat dan tidak sembarangan.

3. Keturunan

Penyebab penyakit jantung rematik yang terakhir adalah faktor keturunan. Bila tubuh Anda memiliki sel yang menunjukan adanya kesamaan dengan bakteri Streptococcus, maka peluang Anda terkena penyakit rematik ini sangatlah besar. Kesamaan sel ini biasanya Anda dapatkan dari orang tua.

Demikian adalah penyebab penyakit jantung rematik yang perlu sekali Anda perhatikan. Pada intinya jagalah kebersihan lingkungan dan juga jaga imunitas tubuh Anda agar tidak menurun agar terhindar dari penyakit jantung rematik ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Obat Herbal Jantung Koroner Alami Paling Ampuh | Obat Sakit Jantung Tradisional © 2018 Frontier Theme